Penyebab Gatal Pada Payudara

Seorang wanita tentunya memiliki payudara, baik ukurannya kecil maupun besar. Ukuran bukanlah suatu masalah, yang penting kita wajib mensyukurinya karena ini adalah anugerah yang harus dirawat. Perempuan harus peka dengan apa yang dialami oleh payudara Anda. Rasa gatal pada payudara sering sekali dialami oleh banyak perempuan.

Perempuan sering dibuat khawatir dengan berbagai masalah yang muncul pada area payudara. Disamping itu, ada juga masalah yang menimbulkan rasa tidak nyaman, yakni gatal pada payudara. Apa penyebab rasa gatal yang muncul di payudara?

Di dalam payudara terdapat jaringan kelenjar, ini berguna untuk mendukung laktasi. Payudara juga dikelilingi sel lemak, kelenjar getah bening, saraf, pembuluh darah, dan jaringan ikat, semua itu ditutupi oleh kulit yang banyak mengandung folikel rambut dan kelenjar keringat.

Ketidaknyamanan bisa Anda rasakan bila mengalami rasa gatal pada payudara, baik itu di bawah atau sekitar payudara. Rasa gatal juga dapat dijadikan acuan bahwa ada permasalahan yang serius pada payudara Anda, karena penyebab rasa gatal pada payudara sangat beragam.

Kutipan dari Livestrong, menyebutkan beberapa penyebab gatal pada payudara, berikut penjelasannya:

1. Penggunaan bra yang tidak benar

Sebaiknya bra digunakan dengan benar, yakni melindungi payudara. Penggunaan bra yang tidak benar, seperti pemakaian bra dengan ketat, bra tidak dicuci dengan bersih, dan bahan yang digunakan membuat bra tidak tepat dengan kulit Anda sehingga kulit menjadi gatal-gatal. Sebaiknya gunakan bra yang sesuai dengan ukuran payudara, pemakian yang tidak sesuai akan menimbulkan rasa gatal pada payudara.

2. Stres

Rasa gatal akan meningeal seiring dengan datangnya perasaan stres. Stres menyebabkan rasa gatal menjadi meningeal sehingga memicu Anda untuk menggaruknya. Ini menjadi penyebab mudahnya terserang infeksi, dan stres juga dapat melemahkan sistem imun tubuh. ada baiknya Anda menghindari stres.

3. Terjadi iritasi atau alergi pada kulit payudara

Iritasi atau alergi terjadi karena residu deterjen, paparan dari bahan kimia, kosmetik yang menimbulkan rasa gatal, ruam dan kemerahan.

4. Infeksi

Infeksi payudara seperti mastitis menjadi penyebab rasa gatal pada payudara, kondisi ini sering dialami oleh ibu yang menyusui. Kulit yang ada di sekitar puting akan kering yang disebabkan aktivitas menyusui, ini akan menyebabkan bakteri serta virus masuk pada payudara yang dapat menimbulkan infeksi. Rasa gatal pada payudara juga disebabkan oleh beberapa infeksi lain, seperti infeksi eksim, cacar, jamur dan kudis.

5. Kanker payudara

Rasa gatal pada payudara bisa jadi suatu bentuk adanya kanker payudara. Kanker payudara dapat menimbulkan gejala gatal-gatal. Gejala kanker payudara, seperti payudara menjadi membesar, bengkak, merah, kulit bersisik, sakit, dan gatal.

Bagi perempuan, rasa gatal pada payudara yang muncul secara tiba-tiba dirasa sangat mengganggu. Untuk mencegahnya, Anda dapat mengoleskan losion setelah mandi pada area kulit payudara, ini membantu melembabkan kulit sehingga menghambat kekeringan kulit yang biasanya menjadi pemicu rasa gatal. Gunakan juga bra yang berbahan dasar halus serta dapat menyerap keringat. Jika payudara dara Anda mengalami infeksi, gunakanlah krim antijamur untuk mengobatinya. Ada baiknya konsultasi dengan dokter jika rasa gatal yang Anda alami tidak kunjung sembuh.

0 comments:

Post a Comment

Home - About - Order - Testimonial
Copyright © 2010 sehat dan bugar All Rights Reserved.