Tips Mengatasi Nyeri Menstruasi


Dalam bahasa medis, nyeri menstruasi disebut dengan dismenore, ini adalah sesuatu yang normal terjadi. Nyeri disaat menstruasi adalah suatu kondisi yang sering dialami remaja wanita. Banyak yang tidak bisa melakukan aktivitas dikarenakan rasa nyeri tersebut. Bagaimana cara untuk mengatasi kondisi tersebut?


Nyeri menstruasi dapat berlangsung pada hari-hari ketika akan mengalami menstruasi. Rasa nyeri yang timbul biasanya dirasakan pada daerah perut bagian bawah, tengah, bahkan bisa memancar sampai bagian punggung, pinggul dan paha. Nyeri menstruasi mempunyai tingkat keparahan yang bervariasi, suatu ketika nyeri bisa saja tidak terasa, namuan terkadang akan terasa nyeri yang sangat hebat.

Terjadinya nyeri menstruasi dikarenakan produksi prostaglandin yang dihasilkan tubuh terlalu banyak. Prostaglandin adalah zat yang seperti hormon. Proses produksinya terjadi di dalam dinding rahim dan kantung telur. Dinding Rahim mempunyai tugas untuk melepaskan telur dari dalam indung telur.

Prostaglandin yang dilepaskan akan beredar dengan melewati sistem peredaran darah dan kemudian akan mencapai rahim, yang pada akhirnya akan menyebabkan rasa nyeri. Prostaglandin banyak dihasilkan oleh beberapa wanita, sedangkan beberapa wanita lainnya mempunyai sensitifitas yang tinggi terhadap prostaglandin.

Kesimpulannya, ada beberapa wanita yang beruntung karena tidak mengalami rasa nyeri, namun beberapa wanita lain merasakan rasa nyeri menstruasi yang dapat dialami selama tiga hingga tujuh hari. Kutipan dari sebuah buku “Menjadi Remaja Sehat”, menjelaskan tentang beberapa hal yang dapat dilakukan jika mengalami menstrusi yang parah, berikut penjelasannya:

1. Tambahkan ke dalam makanan Anda asam lemak omega-3 dan lakukanlah olahraga dan konsumsi makanan yang sehat supaya lebih efektif.

2. Produksi prostaglandin dapat dikendalikan dengan mengkonsumsi 200 mg atau 400 mg ibuprofen dalam rentan waktu 6 jam atau sehari 4 kali. Setelah Anda mengkonsumsi obat asetaminofen (Tylenol) Anda akan merasa lebih baik, dikarenakan obat ini tidak menghambat hormon yang menjadi penyebab nyeri.

3. Anda perlu bertanya dan berkonsultasi dengan dokter jika kedua langkah di atas belum memberikan efek apapun. Akan lebih tepat jika penanganan dilakukan oleh profesional.

Beberapa orang juga mempercayai bahwa dengan melakukan pijatan dapat membantu untuk meringankan nyeri menstruasi. Masyarakat Jepang beranggapan bahwa begian perut disebut juga dengan hara adalah pusatnya energi pada semua bagian tubuh. Berikut cara pemijatan yang dapat dilakukan:

1. Letakanlah telapak tangan pada bagian perut yang dekat dengan area pusar.

2. Lakukanlah gerakan memutar searah jarum jam pada sekitar pusar. Lakukanlah dalam beberapa kali putaran dan lakukan secara perlahan.

3. Setelah itu, gunakan ujung jari untuk memberikan tekanan pada daerah perut, lakukanlah penekanan disertai dengan gerakan memutar yang sama dengan langkah kedua.

4. Bila ditemukan ada titik yang dirasa sakit, berhentilah sebentar pada titik itu. Lakukanlah penekanan lebih dalam, kemudian tahan sebentar. Setelah itu tarik napas dalam-dalam dan lakukan pernapasan dengan perut.

5. Setelah Anda merasa cukup, kemudian tahan tangan pada area yang dekat dengan pusar dalam beberapa saat. Ambil napas dalam-dalam, serta lakukan relaksasi pada pundak supaya otot-otot pada perut ikut rileks.

0 comments:

Post a Comment

Home - About - Order - Testimonial
Copyright © 2010 sehat dan bugar All Rights Reserved.